Biaya USG di Gunung Kidul, Harga Bersaing Layanan Memanjakan!

Biaya USG di Gunung Kidul pastinya sangat penting supaya dipelajari, apalagi untuk yang lagi hamil, atau terdapat salah satu keluarganya yang hamil.

Disamping untuk meyakinkan keadaan ibu dan anak, tidak sedikit yang mantap melakukan USG hanya agar tahu gender janinnya.

Apa Itu USG serta fungsinya?

Sebelum membahas tarif USG di Gunung Kidul, lebih bijaknya bunda mempelajari dulu apa itu USG serta fungsinya dahulu.

Dalam bidang kesejatan USG (ultrasonografi) yaitu metode menganalisa dan juga mencitrakan komponen atau bagian-bagian dalam tubuh dengan memakai gelombang bunyi ultrasound. Ada pun pemeriksaan USG ini umumnya dilakukan oleh tenaga ahli sonographer.

Meski pun menggunakan gelombang bunyi ultrasound berfrekuensi > 20,000 Hz, berdasarkan studi yang melakukan diagnosis jenis ini ternyata safety untuk tubuh.

jadi diagnosa kesehatan yang sama sekali tidak memakai sinar-X ini, tak dapat memberikan akibat yang tidak baik.

Jenis-Jenis USG

Dalam pelayanananya USG tersebut umumnya  masyarakat membaginya jadi tiga jenis, yakni USG 2D, USG 3D, dan USG 4D.  Namun dalam dunia medis, USG ternyata banyak ragamnya, berikut penjelasan:

a. USG Standar {/atau} Dua Dimensi

Untuk bunda yang mau paham tarif USG di Gunung Kidul, versi dua dimensi umumnya paling umum digunakan. Hal ini karena jenis ini memang yang sangat umum dipilih saat periode kehamilan.

Dalam prakteknya, petugas akan menggunakan tongkat berbentuk transduser. Alat tersebut akan digosokan di atas perut kamu, supaya dapat menampilkan tayangan bayi duaD.

b. Transvaginal scans

Jenis USG tersebut juga penting dipahami kamu yang membutuhkan data tarif USG di Gunung Kidul. Sama seperti tife pertama, USG ini pun sering dipakai oleh bunda hamil terutama pada usia awal kandungan.

USG tife tersebut tentu lebih bagus dibanding USG lewat perut (abdominal), apalagi bagi ibu yang mempunyai bobot badan di atas rata-rata.

Hal tersebut dikarenakan bobot tubuh di atas rata-rata akan menghalangi, supaya kamu memantau secara jelas detakjanin yang ada di kandungan. Menariknya lagi. kamu juga dapat mengamati dengan rinci tiap fase yang terjadipada leher rahim, yang dapat berakibat kompiikasi seperti kelahiran prematur bahkan sampai keguguran.

Tapi, tife USG ini hanya bersifat sebagai melengkapi bukanlah pengganti dari USG perut.

c. Doppler imaging

Ialah jenis USG yang bisa digunakan agar mengukur kualitas darah yang ada di tubuh janin ibu. Doopler imaging juga bisa dipakai oleh ibu yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi, dan juga janin terjadi pertumbuhan lambat.

4. Echocardiography Janin

Tife USG tersebut bisa digunakan kamu yang hendak memahami detak jantung janin dengan lebih rinci. Namun umumnya Echocardiography cuma dilakukan supaya bayi yang mengalami cacat di jantungnya.

5. USG 3 Dimensi

USG tiga dimensi yaitu suatu tife USG yang sangat sering dilakukan oleh para bunda yang sedang mengandung. Perihal tersebut karena melalui gambar format 3 Dimensi yang ditampilkannya, maka foto yang didapatkan jadi lebih baik dan nampak menyeluruh.

Oleh sebab itu, kamu bisa dengan lebih mudah mengamati hingga memahami proses pertumbuhan janin yang ada pada rahim. Namun karena alat yang dipakainya lumayan mahal, tak heran apabila tarif USG di Gunung Kidul memakai jenis tersebut gelombang ultrasound.

Ada pun manfaat USG ini diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • USG bisa digunakan agar memehami keberadaan kista atau kondisi abnormal pada jantung, hati, pankreas, dan limpa.
  • Dapat memantau pembesaran limpa yang tak wajar.
  • USG dapat dipakai agar mendeteksi fatty liver.
  • Dapat digunakan untuk memahami kendala yang terjadi pada kantong empedu, misalnya batu empedu.
  • Mendeteksi masalah yang bisa terjadi pada prostat.
  • Melihat gambaran peredaran darah pada pembuluhnya.
  • USG bisa dimanfaatkan guna mendapat gambaran jaringan payudara dengan berkualitas.
  • Bukan cuma itu, USG juga dapat dimanfaatkan dalam memeriksa kesehatan mata.

Keuntungan Melakukan USG

Selain beragam kegunaan yang sudah dijelaskan di atas, terdapat pula beberapa kelebihan ketika kamu mantap menggunakan USG, diantaranya:

  • Pemeriksaan melalui USG tak memicu rasa sakit, namun hasil yang didapatkan dapat amat akurat.
  • Selama prakteknya USG sama sekali tak memancarkan radiasi, dan tak ada resiko apa pun jika dipraktekan sesuai arahan dokter.
  • Pemeriksaan USG bisa menangkap foto jaringan lunak, yang tidak dapat muncul pada pemeriksaan sinar-X.

Resiko Kehamilan Tidak USG

Biaya USG di Gunung Kidul tentu tidak boleh menjadi hambatan untuk bunda untuk tidak melakukan proses urgent ini.  Hal tersebut dikarenakan apabila tak dilakukan, ada faktor buruk yang bisa terjadi. Entah itu terhadap kehamilan ataupun kesehatan.

Dilansir dari suara.com kata dr Yassin Yanuar Mohammad, SpOG-KFER, yang adalah Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RS Pondok Indah,  apabila tak dilakukan pemeriksaan awal maka  berbagai komplikasi bisa dialami.

Berbagai masalah ini bisa berlangsung begitu saja tanpa diketahui cepat, sehingga tidak mendapatkan tindakan yang diperlukan.

Contohnya saja ketika USG ditemui kelainan anomali di bayi. Jika tidak dilakukan USG bisa jadi umur kandungan pun tak dapat diketahui.Maka dampak komplikasi pun tak bisa dihindari, entah itu over bulan, lahir prematur, hingga meninggal di dalam rahim.

Perihal tersebut bisa saja dialami, contohnya saja pada kehamilan kembar yang menyebabkan twin to twin transfusion syndrome, yakni masalah aliran yang mengakibatkan janinnya terdapat yang kecil dan besar, maka mengakibatkan resiko meninggal pada janin.

Bukan hanya itu, terdapat pula beragam kelainan lain yang dapat terdeteksi. Intinya USG kehamilan itu amat urgent, agar menghindari terjadi berbagai resiko pada ibu dan juga anak yang tak ditangani secara tepat.

Ketika usia kehamilan telah memasuki masa antara sepuluh minggu, maka agar sudah melakukan diagnosis USG. Diagnosa USG yang normal bisa dikerjakan selama kali proses.

Pemeriksaan pertama ketika usia kehamilan telah 10 – 12 minggu. Manfaatnya adalah supaya memeriksa kondisi rahim, serta detaktak jantung bayi yang ada di dalam kandungan.

Sementara pemeriksaan USG kedua umumnya dikerjakan ketika usia kehamilan sudah mencapai 18 minggu. Tujuannya ialah untuk melihat kesehatan rahim, kondisi janin, perkembangan janin, hinga lokasi tali pusar serta plasenta.

Daftar Harga Tarif USG di Gunung Kidul

Menurut manfaat dan macam-macam USG yang telah diuraikan tadi, tak aneh jika harga USG di rumah sakit juga beragam.

Bukan hanya klinik, tife USG yang digunakan juga amat menentukan terhadapa nominal nilai tarif USG di  Gunung Kidul.

Misalnya saja. USG 2 D tentu lebih terjangkau dibanding USG 3 D. Sementara ongkos yang paling mahal adalah jika memilih USG 4 D.

Biaya USG dua serta 3 D biasanya kurang dari Rp 200 ribu, sementara untuk tarif USG 4 dimensi antara Rp500 ribu lebih.

Tabel Daftar Harga USG di Gunung Kidul

Rumah Sakit Lokasi Tarif
Bakti Asih Jl. Ahmad Yani no. 42 Rp200.000
Siloam Hospital Jl. Kol. Sugiono no. 32 Rp560.000
Mitra family Jl. Perintis Kemerdekaan no.12 Rp250.000
Sumber Kasih Jl. Sunan Muria no. 21 Rp210.000
Sumber Waras Jl. P Diponegoro no. 12 Rp250.000
Rumah Sakit Permata Jl. Cut Nyak Dien no. 31 Rp300.000
Cahaya Bunda Jl. Jend. Sudirman no. 45 Rp195.000
Rumah Sakit Kasih Bunda Jl. Imam Bonjol no. 41 Rp250.000
RSU Medimas Jl. Soekarno Hatta no. 16 Rp382.000
Medical Center Jl. Karanggetasno. 17 Rp432.000
Rumah Sakit Pelabuhan Jl. Evakuasi no. 71 Rp188.000
Mitra Husada Jl. Sisingamangaraja no. 23 Rp120.000
Klinik Sugono Jl. Ciremai Raya no. 34 Rp150.000
Klinik Putri Medika Jl. Perjuangan no. 19 Rp98.000
Colombia Asia Hospital Jl. Pahlwan no. 17 Rp100.000
Citra Medika Jl. Sunan Kalijaga no. 45 Rp85.000

Demikian uraian tentang tarif USG di Gunung Kidul. Tinggi harapan penulis artikel ini dapat memberikan kegunaan, khususnya bagi ibu yang memang membutuhkannya. Pastikan share ya, untuk makin banyak orang yang dapat memperoleh manfaatnya.