Cara Budidaya Ayam Kampung Yang Efektif Bagi Pemula, Hasil Istimewa

Budidaya Ayam

Membudidayakan ayam merupakan sebuah bisnis yang memang mudah untuk dibayangkan. Namun begitu bisnis beternak ayam ini tidak lah mudah loh. Ya memang banyak orang yang selama ini memelihara ayam dengan cara yang tradisional.

Teknik memelihara ayam tradisional sudah tidak menguntungkan lagi, sehingga banyak orang yang lebih kepada iseng dalam budidaya ayam ini.

Banyak orang yang mungkin ingin memelihara ayam namun mengeluhkan kendala seperti misalnya pakan yang mahal, lahan atau kandang yang terbatas dan juga tidak adanya informasi tentang budidaya yang baik dan benar.

Hal ini banyak dikeluhkan oleh orang yang ingin memelihara ayam kampung sebagai usaha mereka. Memang perlu juga di ketahui bahwa ayam kampung betina dalam setahun akan menetaskan telur minimal lima kali.

Hal ini jika di kira-kira induk ayam sekali bertelur menetaskan ada 10 ekor anak ayam, maka satu tahun kamu bisa memiliki minimal 50 ekor anak ayam.

Jika kamu ingin memelihara ayam kampung alangkah baiknya sebagai pemula kamu bisa membeli anak ayam kampung yang baru menetas dan kamu besarkan sendiri atau biasa di sebut dengan DOC.

Cara ini mungkin lebih efektif ketimbang kamu memelihara indukan ayam kampung, karena harus menunggu indukan bertelur dan menetas.

Budidaya Ayam Petelur

Budidaya ayam petelur juga menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menggiurkan selain memelihara ayam kampung. Selain fokus dijadikan bisnis memelihara ayam petelur juga dijadikan hobi oleh orang-orang.

Budidaya Ayam Joper

Ayam joper adalah singkatan dari Ayam Jawa Super. Ya bukan ayam super ya hehe, ayam joper ini merupakan hasil dari kawin silang antara ayam kampung dan betina ayam petelur.

Maka dari itu dinamakan ayam joper, ayam kampung super, ayam kamper dan berbagai macam nama lainnya. Beternak ayam joper ini juga tengah menjadi salah satu bisnis yang lagi diributkan oleh banyak orang.

Karena ayam joper memiliki pertumbuhan yang cepat dari pada ayam kampung biasa jadi masa panennya pun lebih cepat. Selain itu harga jual ayam Joper di pasaran cenderung tinggi dan stabil sehingga bisa memberikan keuntungan yang lebih.

Ya karena ayam joper ini kawin silang antara ayam kampung dan ayam lokal maka ayam ini juga punya kemampuan dari 2 jenis ayam tersebut yakni pertumbuhan yang cepat dan daging yang lebih gemuk.

Kemudian dari sisi gen ayam kampungnya memiliki rasa yang enak dan daya tahan tubuh tinggi dari berbagai macam penyakit unggas. Makanya tidak heran jika ayam joper ini harganya mahal.

Budidaya Ayam Potong/Broiler/Pedaging

Peluang bisnis memelihara ayam broiler di Indonesia memang tetap tinggi dari dahulu. Ya keunggulan dari ayam broiler ini yakni tingginya permintaan pasar. Salah satu sumber protein hewani menjadikan ayam pedagin ini lebih dipilih ketimbang jenis ayam lainnya.

Selain mudah didapatkan ayam broiler juga harganya terjangkau sehingga permintaan pasar tergolong tinggi dan juga stabil. Menjadi salah satu bahan konsumsi dengan permintaan yang tinggi maka ayam broiler juga dibutuhkan dalam skala besar.

Mulai dari bibit hingga dewasa ayam ini selalu di beli dengan skala besar. Didukung dengan banyaknya jenis masakan yang menggunakan ayam broiler ini membuatnya semakin banyak dicari dimasyarakat.

Selain permintaan yang tinggi, ayam broiler ini juga cepat sekali tumbuhnya. Dalam hanya 4-5 minggu saja ayam broiler sudah mencapai 2 kg dan siap dipanen.

Ayam broiler merupakan ayam yang cocok untuk di budidaya di Indonesia loh, karena ayam ini sensitif terhadap suhu dan kelembaban.

Yang membuat ayam ini sangat suka sekali di iklim tropis seperti di Indonesia. Keunggulan lain dari ayam pedaging yakni mudah sekali untuk dibudidayakan.

Budidaya Ayam Bangkok

Selain ayam kampung, ayam petelur, ayam joper, ada juga jenis ayam bangkok yang sering di budidayakan di Indonesia.

Dalam memelihara ayam bangkok kamu harus memiliki teknis yang benar dan tepat. Mengapa sih kok memilih ayam bangkok gak ayam lainnya yang mudah untuk di pelihara?

Karena ayam bangkok ini populer sebagai ayam koleksi, dengan karakteristik tubuhnya yang kekar dan perkasa ayam ini banyak dikolekasi oleh penghobi ayam. Ada juga orang yang membuat ayam bangkok ini sebagai ayam petarung.

Budidaya Ayam Kalkun

Ayam kalkun, ya kalkun ini juga termasuk jenis hewan unggas yang mirip dengan ayam namun memiliki tubuh yang besar, yang mana sayapnya saja bisa direntangkan hingga 1,5-1,8 meter.

Kalkun juga memiliki banyak jenis yang mana kalkun ini sering diternak sebagai kalkun pedaging atau jenis kalkun bronze.

Karena tidak banyak orang yang membudidayakannya maka budidaya ayam kalkun ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Selain dagingnya yang lezat, ayam kalkun juga memiliki kandungan gizi yang menyehatkan jantung, meningkatkan kecerdasan otak bagi anak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mampu mengurangi kadar kolestrol.

Hal ini yang mungkin akan mendorong bisnis ayam kalkun lebih baik lagi dimasa depan.

Budidaya Ayam Kampung

Kembali lagi tentang ternak ayam kampung karena memang artikel ini fokus di jenis ayam kampung hehe. Jika kamu ingin sukses dalam budidaya ayam kampung, kamu harus mengetahui teknik, proses, dan juga pemasarannya.

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui seperti  pengadaan bibit (anak ayam), sistem perkandangan dan perawatan ayam.

Dalam hal pemasaran juga harus dipertimbangkan karena sistem pemasaran dan bentuk akhir ayam kampung yang akan dipasarkan.

Langkah-Langkah Budidaya Ayam Kampung

Dibawah ini adalah beberapa langkah-langkah budidaya ayam kampung yang harus kamu lakukan:

Pengadaan Bibit atau Anak Ayam

Agar lebih efektif dalam ternak ayam kampung kamu bisa beli langsung ayam DOC atau Day Old Chicken yang artinya ayam yang baru menetas.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa beli ayam yang baru menetas lebih efektif karena tidak harus menunggu indukan kamu bertelur, mengeram hingga menetas.

Sebelum beli DOC kamu juga perlu mempertimbangkan jumlahnya karena semakin banyak kamu beli ayam DOC maka semakin banyak pakan yang harus kamu beli. Selain pakan juga luas lahan atau kandang juga akan lebih luas ketika kamu beli banyak ayam DOC.

Dari sekian banyak keunggulan dari ayam kampung tentu ada juga kekurangnya yang perlu kamu pertimbangkan seperti misalnya cara menetaskan telur indukan akan sangat merepotkan dan memerlukan mesin penetas telur.

Selain itu kamu juga perlu memilih bibit ayam kampung yang akan kamu pelihara. Dalam memilih jenis ayam kampung seperti ayam kampung biasa atau juga ayam kampung joper.

Seperti yang dibahas sebelumnya di sub judul ayam joper, bahwa ayam joper ini memiliki kualitas yang baik karena lebih superior ketimbang ayam kampung biasa namun harganya juga tentu lebih mahal.

Pemilihan Jenis Kandang Ayam

Sebelum memulai memelihara ayam kampung kamu harus memperhatikan beberapa hal yakni pemilihan kandang. Ya kamu harus menyiapkan kandang untuk menampung ayam yang akan kamu budidaya nantinya.

Ada 3 jenis kandang ayam yang bisa kamu pilih yakni:

  1. Sistem Ren

Model kandang ini lumayan efisien untuk merawat ayam kampung. Kandang ini miliki 2 bagian, yakni tempat untuk pengumbaran dan tempat untuk berteduh. Biasanya luas tempat pengumbaran yakni 2/3 dari luas kandang ayam dan sisanya untuk tempat berteduh.

  1. Kandang Postal

Selain kandang sistem ren yang sesuai untuk memelihara ayam kampung, sistem kandang lainnya yakni kandang postal. Kandang postal umumnya digunakan untuk ayam potong atau pedaging.

Ada sebagian peternak ayam kampung menggunakan kandang postal ini, hal ini dikarenakan lebih memilih usaha ternak ayam potong atau pedaging. Untuk kandang postal sendiri ada 2 jenis yakni postal panggung dan postal litter.

Untuk postal litter atau kandang ayam yang beralaskan tanah liat yang berlapis kapur dan sekam. Fungsi dari kandang postal litter ini adalah untuk menyerap kotoran ayam agar lantai tidak mudah basah. Sedangkan fungsi kapur yakni untuk agar tidak terdapat penyakit yang ditimbulkan dari kotoran ayam itu sendiri.

Sedangkan kandang postal panggung, yaitu kandang ayam yang dibikin bersama dengan style panggung berketinggian lebih kurang 2 meter dari atas tanah. Kandang postal panggung ini dibikin bersama sehingga kotoran ayam langsung jatuh ke tanah jadi ayam yang ada di dalam kandang tidak terkontaminasi kotorannya sendiri.

  1. Kandang Baterai

Ada juga jenis kandang baterai, kandang ini memiliki tingkatan lantai dari 3-4 lantai. Didalamnya terdapat sekat-sekat yang berisi satu ayam saja setiap sekatnya. Yang mana kandang ini biasanya dibuat miring kedepan yang ditujukan untuk ayam petelur.

Lantai miring kedepan ini bertujuan agar telur menggelinding kedepan sehingga tidak terinjak oleh induk ayam. Lantai kandang ini juga terbuat dari bambu yang terdapat sela-sela sehingga kotoran akan langsung jatuh kebawah.

Perawatan dan Pembesaran

Budidaya ayam kampung sebenarnya juga sama dengan memelihara ayam broiler atau pejantan. Bagi kamu yang masih noob hehe alias pemula harus menyiapkan jenis pakan yang berkualitas.

Bisa juga siapkan obat-obatan alami atau obat pabrik supaya ayam tidak mudah terserang penyakit.

Kalau soal modal kamu juga perlu mempertimbangkannya dengan cara membeli pakan yang alami seperti dedak atau hu’ut, daun pepaya atau daun lamtoro yang bisa kamu temukan di lingkungan sekitar.

Pakan alami juga membuat ayam cepat tumbuh besar dan juga sehat loh makanya cocok untuk kamu yang ingin menekan biaya pakan.

Selain memberikan pakan alami kamu juga perlu mengkombinasikan pakan dari pabrik juga dan juga sayuran sebagai campurannya. Untuk pakan campuran ini bisa kamu berikan ke ayam yang sudah berusia 2-3 bulan ke atas.

Sedangkan ayam yang baru berusia 1 -21 hari sebaiknya diberikan pakan murni dari pabrikan supaya gizinya tercukupi dan cepat tumbuh.

Membersihkan kandang memang sangat penting untuk mencegah ayam terkena penyakit dan juga menyediakan obat-obatan bila perlu.

Pemasaran

At last but not least, yaelah sok inggris hehe, yang terakhir adalah proses pemasarannya yang mana ayam kampung ini biasanya di jual ke pasar tradisional langsung atau menjualnya ke pedagang keliling yang biasa membeli ayam kampung.

Ya cara itu kuranglah menguntungkan karena pasti harganya sangat minim. Maka lebih baik kamu menjualnya langsung ke pelanggan yang memiliki usaha rumah makan dan masyarakat yang memang sedang mencari pasokan daging ayam kampung untuk usahanya.

Ya memang tidak ada hal yang mudah dan instan jika soal usaha budidaya ayam kampung. Kamu harus bersabar dalam menjalin kemitraan dengan calon pelanggan.

Untuk soal harga jangan terlalu dibuat mahal atau terlalu murah, buat saja harga normal yang penting kualitas ayam kamu yang harus berkualitas.

***

Itulah beberapa cara budidaya ayam kampung yang bisa kamu praktekan sendiri, semoga bisa menjadi motivasi sekaligus referensi buat kamu yang masih pemula, selamat bekerja dan semoga sukses!.

Leave a Reply