Budidaya Ikan Mas Lengkap Untuk Pemula, Dijamin Panen Besar

Budidaya ikan mas juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha sekaligus hobi yang bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Dikarenakan komoditas ikan mas ini memiliki nilai jual dan permintaan yang cukup tinggi.

Ikan mas ini banyak diminati pasar dalam negeri hingga luar negeri loh. Yang mana sekitar 70 persen ikan mas ini di pasarn luar negeri dipasok oleh Negara China Dan Jepang.

Mengingat kedua negara ini memiliki iklim yang cenderung lebih dingin daripada Indonesia yang malah bukan habitatnya ikan mas ini.

Sedangkan di Indonesia ikan mas ini harusnya bisa lebih berkembangbiak dengan mudah dan melimpah sehingga bisa dijadikan bisnis yang menggiurkan.

Keunggulan Membudidayakan Ikan Mas

Ikan Omnivora

Ikan mas ini merupakan ikan pemakan segalanya yang membuatnya bisa tumbuh besar dengan berbagai makanan baik itu sayuran hingga diberikan pelet dari pabrik sekalipun.

Pangsa Pasar yang Besar

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ikan mas ini memiliki komoditas yang besar baik pasar dalam negeri hingga pasar luar negeri. Biasanya ikan mas ini dijadikan ikan konsumsi untuk berbagai masakan khas Indonesia. Tidak sedikit juga orang yang memelihara ikan mas sebagai ikan hias yakni seperti jenis ikan mas koi, ikan mas koki, Kumpay, Fancy, dan sebagainya.

Mudah dibudidayakan

Ikan mas mudah di budidayakan karena ikan mas bisa berpijah sendiri tanpa bantuan manusia cocok buat kamu yang masih pemula yang tidak memiliki kemampuan khusus dalam hal mengembangbiakan ikan mas.

Daya tahan ikan mas ini juga baik dengan kemampuan adaptasi yang cukup tinggi sehingga bisa di budidayakan di berbagai jenis kolam.

Ukuran ikan mas juga terbilang sangat super besar yang mana bisa mencapai berat 25 kg dalam waktu yang cepat yang memerlukan waktu hanya 6-8 bulan.

Harga Jual yang Tinggi

Untuk harga jual ikan mas di pasaran saat ini bisa mencapai Rp.35.000  yang mana jenis ikan ini cukup premium dimata masyarakat. Selain konsumsi adapun jenis ikan hias mas yang juga memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi.

Jenis ikan mas hias juga memiliki banyak macamnya Ikan Koi, Ikan Mas Koki, yang harganya bisa mencapai puluhan juta perekornya.

Hal ini bisa dikarenakan bentuk tubuh, warna, hingga cara berenang ikan yang elegan. Dan juga ikan mas hias sering dijadikan ikan kontes yang jika menang bisa membuat ikan mas hias ini memiliki harga selangit.

Penghilang stress

Budidaya ikan mas baik ikan hias atau konsumsi dapat dijadikan sarana pelepas stress buat kamu yang lelah sehabis bekerja seharian dengan melihat ikan berenang dan gemercik air yang membuat hati dan pikiran tenang.

Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Adapun teknik budidaya ikan mas menggunakan kolam terpal yang cocok untuk kamu yang tidak memiliki lahan yang luas baik itu di sekitaran rumah atau pekarangan rumah.

Tidak sedikit orang yang membudidayakan ikan mas ini di halaman depan atau belakang rumahnya dengan menggunakan kolam terpal ini karena mudah dibuat dan juga mudah dalam perawatannya.

Budidaya Ikan Mas Di Kolam Beton

Ikan mas juga bisa di pelihara di dalam kolam beton, yang mana keunggulan dari kolam beton ini adalah lebih tahan dan awet untuk jangka waktu yang lama. Sama seperti kolam terpal yang memiliki sistem penyaringan air yang lebih terstruktur.

Budidaya Ikan Mas Koki

Ikan mas koki termasuk jenis ikan mas hias yang juga memiliki nilai jual yang tinggi. Ikan ini memiliki bentuk bulat dengan siripnya yang lebar, dan warnanya yang beranekaragam membuat ikan ini terlihat cantik untuk dipelihara di dalam rumah.

Peluang bisnis untuk ikan hias ini memang cukup besar baik untuk pasar domestik dan juga pasar luar negeri.

Budidaya Ikan Mas Koi

Ikan koi juga termasuk jenis ikan mas yang memiliki nama lain Cyprinus caprio. Ikan ini hasil dari perkawinan silang dari bermacam ikan mas. Ikan koi ini sangat populer di negeri Jepang, masuk Indonesia sekitar tahun 1960-an.

Presiden pertama Indonesia Soekarno saat itu diberikan hadiah bermacam ikan koi oleh pemimpin China. Kemudian beliau memberikan ikan koi ini ke pembudidaya ikan di Batu, Jawa Timur, untuk dikembangbiakan.

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Mas

Tidak jarang banyak pemula yang masih takut bisnis ternak ikan mas ini dikarenakan takut gagal hingga tidak mau repot. Ya kalau mau bisnis harus berusaha sih tetapi ikan mas ini tidak terlalu sulit untuk di budidayakan.

Berikut langkah-langkah budidaya ikan mas yang bisa kamu ikuti:

Mencari Benih yang Baik

Pemilihan benih merupakan hal yang paling mutlak dalam bisnis ikan mas ini yakni kualitas dan juga kuantitas haruslah terpenuhi.

Sebaiknya kamu memilh calon indukan ikan mas yang berukuran 100-200 gram.

Calon indukan jantan dan betina memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Usia indukan betina tidak kurang berasal dari 1,5-2 tahun dengan berat sedikitnya 2 kg per ekor. Untuk indukan jantan dengan usia tidak kurang dari 8 bulan dengan berat sedikitnya 0,5 kg per ekor.
  • Untuk bentuk badan mulus, tidak cacat, siripnya juga tidak ada yang rusak. Ikan mas yang berkualitas yakni memiliki kepala yang lebih kecil dari badannya. Insangnya bersih terbebas dari bintik putih. Kedua matanya terlihat jernih, sisik di kedua sisinya juga simetris dengan warna yang cerah dan tidak kusam. Sisik tersusun rapi dan juga besar. Memiliki ekor panjang yang besar dan kuat.
  • Calon indukan mesti berasal berasal dari keturunan yang berbeda, baik jantan maupun betina. Supaya tidak berlangsung inbreeding yang turunkan mutu benih ikan.

Memelihara Benih

Dalam pemeliharaan indukan jantan dan betina dilakukan secara terpisah di kolam yang berbeda. Air dalam kolam sebaiknya di isi dengan ketinggian sekitar 60-80 cm. sumber pengairan juga bisa di buat secara pararel tiap kolamnya.

Kamu juga bisa menyusun pengairan secara seri namun sebaiknya kolam indukan jantan diletakan setelah indukan betina. Hal ini mencegah agar jantan tidak mengawini betina secara tidak sengaja yang mana sperma jantan bisa mengalir ke kolam betina.

Untuk pakan haruslah sehat dan bergizi bisa diberikan pelet dengan kandungan protein 30-35%. Makanan tambahan lain bisa diberikan seperti menis dan dedak jagung.

Ohh iya jangan berikan makanan yang berlemak tinggi. Jumlah pakan yang dibutuhkan oleh indukan ikan mas sekitar 2-4% dari berat tubuhnya perhari. Pemberian pakan bisa dilakukan sehari dua kali di sore dan pagi hari.

Pemijahan

Dalam budidaya ikan mas ini proses pemijahan bisa dilakukan 2 tipe yakni pemijahan alami dan pemijahan buatan.

Pada pemijahan alami ini yakni pembuahan sperma dari jantan dilakukan sendiri oleh indukan. Sedangkan dalam pemijahan buatan yakni dengan cara penyuntikan hipofisa, penyuntikan hormon dan pembuahan in vitro.

Dalam proses pembenihan dengan jumlah yang cukup dan berkesinambungan harus melalui pembenihan yang terkontrol yakni menggunakan metode pemijahan secara buatan (induced breeding) yang diikuti dengan pembuahan buatan (artificial fertilization).

Untuk pemijahan alami bisa dilakukan untuk tujuan pemijahan biasa yang mana ikan mas ini juga mudah sekali dipijahkan.

Ciri-ciri betina ikan mas yang siap di pijah:

  • Memiliki gerakan yang lamban.
  • Melompat terus di kala malam hari.
  • Memiliki perut yang buncit dan besar kearah belakang.
  • Lubang kelaminnya menonjol dan berwarna kemerahan.

 Ciri-ciri jantan ikan mas yang siap dipijah:

  • Lebih lincah ketimbang betina.
  • Jika lubang kelamin ditekan maka akan keluar cairan berwarna putih.

Melakukan Pendederan

Proses selanjutnya yakni pendedearan yang merupakan tahapan penumbuhan benih. Benih yang digunakan dalam usaha budidaya ikan mas biasanya memiliki ukuran 10-12 cm atau berbobot sekitar 80-100 gram per ekor.

Ukuran benih sebesar ini diinginkan sudah lumayan kuat untuk dibesarkan. Sehingga risiko kegagalan dapat ditekan. Lama pembesaran ikan mas berkisar 2-3 bulan.

Pemilihan teknik juga bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu seperti misalnya metode air deras, air tenang atau tumpang sari. Untuk media pendederan ini bisa berupa kolam tanah, kolam tembok, kolam terpal, sawah, keramba dan jaring apung.

Penanganan Hama dan Penyakit

Nah proses ini juga penting dilakukan karena proses penanganan hama dan penyakit ini menentukan kualitas ikan mas yang Anda panen juga.

Hama dan penyakit ini bisa menurunkan tingkat produktivitas si ikan mas sehingga bisa saja kamu gagal panen karena banyak ikan mas yang mati.

Untuk hama yang biasnya berupa jenis organisme yang bisa memangsa, mengganggu dan menyaingi ikan. Ukuran hama juga bisa lebih besar atau lebih kecil dari ikan mas sendiri.

Lalu untuk penyakit ikan mas ini bisa di sebabkan oleh gejala fisiologi pada ikan yang mana membuat ikan mas bisa berhenti tumbuh atau malah dapat mati. Gejala penyakit ini bisa di sebabkan juga oleh parasit atau kondisi lingkungan yang buruk.

Maka dari itu pembasmian hama dan penyakit yang tepat dan cepat perlu dilakukan agar ikan bisa tumbuh dengan baik dan memiliki kualitas yang baik. Untuk penanganan yang tepat maka kamu perlu mengenali jenis hama dan penyakit pada ikan.

Proses Panen yang Tepat di Waktu yang Tepat

Proses budidaya ikan mas yang terakhir adalah proses pemanenan ikan yang dilakukan dengan tepat. Biasanya ikan mas ini dipanen jika sudah memiliki bobot 300-400 gram per ekor.

Walaupun begitu bobot ikan dibawah itu juga bisa dipanen namun untuk yang lebih dari itu tidak bisa dipanen karena terlalu besar.

Porsi makanan untuk ikan sudah tidak sebanding lagi dengan pertumbuhan dan harga jual ikan. Waktu yang dibutuhkan untuk membudidayakan ikan mas mulai dari ukuran 100 gram per ekor, sampai ukuran siap konsumsi 300-400 gram ekor berkisar 2-3 bulan. Biasanya kurun waktu tersebut bobot ikan akan tumbuh 3-4 kali lipat.

Budidaya Ikan Mas Tidaklah Sulit

Bagaimana budidaya ikan mas tidaklah sulit kan? Memang ada saja yang namanya masalah dan juga hambatan yang harus kamu alami namun itulah yang namanya bisnis tidak selalu lancar.

Namun jika kamu bisa tekut menjalaninya maka semua akan bisa kamu lalui. Intinya adalah selalu belajar dan bertanya kepada yang ahli jika kamu merasa ragu atau meminta tips agar bisa meningkatkan bisnis kamu sendiri. Semoga sukses!

Leave a Comment