Cara Budidaya Vanili Yang Mudah, Dijamin Hasil Panen Berkualitas

Budidaya Vanili

Vanili adalah tanaman hijau dengan harga yang tinggi jika kualitas dari tanaman vanili ini bagus, semakin bagus kualitas dari tanaman vanili maka akan semakin tinggi juga harga jualnya.

Banyak sekali yang tergiur akan penghasilan yang dihasilkan dari budidaya vanili. Namun, tak sedikit juga orang yang gagal dalam usaha panen tanaman vanili.

Ini dikarenakan banyak orang yang belum tahu karakteristik dari tanaman vanili itu sendiri karena budidayanya harus dilakukan secara khusus tidak seperti kebanyakan tanaman yang ada di kebun.

Jika dilihat dari tempat tumbuh yang subur tanaman vanili, tanaman ini biasanya ditanam di daerah yang memiliki suhu tropis.

Jika ingin menanam vanili, tentunya membutuhkan perhatian khusus yang memerlukan waktu dan usaha yang keras demi menghasilkan vanili dengan kualitas yang bagus dan bisa mendapatkan harga jual yang tinggi. Dengan kelezatan vanila dan keharumannya bisa membuat harga jual tanaman vanili ini tinggi.

Ada berbagai metode yang bisa dilakukan dalam budidaya tanaman vanili yang dimana berbagai metode tersebut memiliki berbagai kelebihan yang bisa didapatkan dari berbagai faktor.

Budidaya Vanili Hidroponik

Kamu dapat membudidayakan tanaman vanili ini dengan teknologi hidroponik. Biasanya, dalam penanaman vanili dengan metode ini memerlukan ketelatenan dalam nutrisi bagi tanaman vanili.

Hidroponik sendiri adalah budidaya menanam tumbuhan dengan memanfaatkan air dan tanpa menggunakan media tanah.

Mengehtahui air yang digunakan untuk menanam vanili memiliki nutrisi yang cukup untuk menggantikan media tanah alami tentunya menjadi hal yang sangat penting diperhatikan dalam penanaman vanili dengan cara hidroponik. Biasanya, hidroponik akan sangat bagus jika ditanam dalam greenhouse.

Budidaya Vanili Organik

Ini adalah teknik yang sangat sederhana dalam budidaya vanili. Budidaya organic adalah dimana dalam pengerjaannya dilakukan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis.

Metode ini sangat cocok dilakukan sendiri di pekarangan rumah. Namun juga harus tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi yang cukup untuk tumbuh sehat dan subur dari tanaman vanili.

Budidaya Vanili Dalam Pot

Budidaya vanili yang satu ini juga sangat cocok dilakukan di pekaran rumah Kamu. Dengan hanya menggunakan media tanah dan pot saja.

Kamu bisa menanam vanili dan memanennya sendiri di rumah Kamu. Tapi, dalam penanamannya ada trik yang bisa membuat vanili tumbuh lebih baik.

Dalam penanaman vanili, Kamu harus menggunakan pot dengan ukuran yang kecil dan juga pada tanah yang ada pada pot tersebut, tambahkan campuran kulit cemara dan peat moss yang nantinya bisa menciptakan media tanam dengan drainase yang baik.

Budidaya Vanili Modern

Ini adalah budidaya vanili yang banyak sekali diterapkan oleh para penggiat budidaya tanaman vanili untuk bisa mendapatkan vanili dengan kualitas yang tinggi sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang tinggi juga dalam penjualan vanili tersebut. Namun, apa itu pertanian modern?

Pertanian modern adalah sebuah budidaya yang dilakukan dengan menggunakan kemajuan teknologi dan penelitian para ahli.

Dengan majunya fasilitas-fasilitas irigasi serta drainase yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi, inilah mengapa budidaya vanili modern sangat banyak yang menggunakannya karena mendapatkan hasil yang maksimal dan mendapatkan harga jual yang tinggi.

Kiat Sukses Panen Vanili Kualitas Tinggi

Disini, Saya akan memberikan berbagai tips dan trik untuk cara budidaya vanili dengan mudah dan bisa mendapatkan kualitas vanili yang bagus dan sangat layak mendapatkan harga jual yang tinggi. Cara budidaya ini dimulai dari pembibitan sampai tahap akhir yang harus dilakukan secara konsisten.

1. Mempersiapkan Lahan

Perlu diketahui, vanili bukanlah tanaman yang bisa tumbuh dengan tegak. Maka dari itu, dibutuhkan tanaman penyangga yang digunakan vanili untuk merambat.

Namun, daripada susah mencari tanaman penyangga yang pas, menggunakan bambu dan kawat dengan bentuk yang disesuaikan bisa menjadi alternatif untuk tanaman vanili ini tumbuh dan merambat pada penyangga yang dibuat tersebut.

Dalam mempersiapkan lahan, alangkah baiknya lahan tersebut dibersihkan terlebih dahulu dari beragam rumput liar atau gulma yang nantinya malah bisa menghambat pertumbuhan dari tanaman vanili.

Alangkah lebih baiknya dalam memilih bibit vanili dimulai dengan membeli yang sudah dalam setek vanili dengan panjang 40 – 50cm. Tapi Kamu harus tahu informasi setek vanili tersebut, karena bibit vanili yang bagus harus memiliki umur setidaknya 1 tahun dan mempunyai buku ruas yang rapat atau rapi.

2. Penanaman Bibit

Setelah lahan siap, saatnya menanam bibit vanili. Buat lubang dengan ukuran 25 x 15 x 10 sentimeter dan pastikan lubang tersebut berdekatan dengan jarak penyangga yang sudah Kamu buat.

Dalam penanaman vanili, bibit stek tadi ditanam dalam keadaan horizontal atau rebahan. Dan pastikan juga bibit tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Ada baiknya dalam penanaman vanili tanah dilakukan pemupukan terlebih dahulu dan menyiramnya dengan air agar air dapat mengalir dengan baik saat dilakukan kegiatan penyiraman air pada tanah.

3. Perawatan Vanili

Untuk perawatan sendiri, selayaknya dalam pembudidayaan tanaman, maka dilakukanlah penyiraman, penyiangan, pemupukan, dan juga pemangkasan.

Namun ada yang perlu diperhatikan agar tanaman vanili dapat tumbuh subur. Berikut beberapa diantaranya:

Penyiraman

Penyiraman berfungsi untuk menjaga kelembapan tanah, namun dilakukan dengan memperhatikan kondisi tanah juga.

Usahakan dalam penyiraman tanah tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah apalagi sampai adanya air menggenang.

Penyiangan

Penyiangan dilakukan untuk menjaga agar tumbuhan vanili ini tumbuh secara sehat tanpa adanya hama yang mengganggu.

Jika lingkungan tanah baik dan tidak ada tumbuhan pengganggu, tumbuh kembang vanili bisa lancar dan menghasilkan vanili yang berkualitas.

Pemupukan

Sudah pasti memberikan pupuk adalah hal yang wajib dilakukan dalam budidaya tanaman apapun, termasuk dalam budidaya vanili.

Pemupukan dilakukan agar tanaman tumbuh subur dan sehat. Sebaiknya, pemupukan dilakukan pada awal dan akhir musim penghujan dengan menggunakan pupuk kandang maupun pupuk urea.

Pemangkasan

Tanaman vanili juga dilakukan pemangkasan. Ada 3 jenis pemangkasan yang dilakukan pada budidaya vanili :

  • Pemangkasan bentuk, dilakukan dengan memotong 15 cm pada bagian ujung tanaman vanili yang menyisakan 3 cabang pada ujungnya yang nantinya Kamu lengkungkan cabang tersebut.
  • Pemangkasan produksi, pemangkasan ini dilakukan saat tanaman vanili berbunga, ini dapat dirangsang dengan pemangkasan juga. Pemangkasan ini dilakukan dengan cara memotong 2-3 pucuk tanaman sekitar 2 bulan sebelum masa berbunga.
  • Pemangkasan peremajaan, pemangkasan ini nantinya akan dilakukan setelah masa panen untuk merangsang tunas-tunas baru.

4. Penyerbukan Bunga

Penyerbukan bunga dilakukan karena sejatinya, tumbuhan vanili ini tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri, maka dari itulah Kamu harus membantu proses penyerbukan dari tanaman vanili. Anda bisa menggunakan alat seperti lidi atau batang apapun dengan ukuran yang kecil.

Caranya adalah dengan mencari rostellum yang biasanya menghalangi putik dan kepala sari, jika sudah ketemu sekarang saatnya Kamu gunakan alat yang telah kamu gunakan untuk proses penyerbukan tadi untuk selanjutnya lakukan penyatuan putik dan kepala sari vanili tersebut.

5. Pengawasan

Pengawasan disini adalah tindakan secara rutin dilakukan untuk melakukan berbagai kegiatan yang sudah Kamu lakukan dari tahap perawatan vanili.

Tumbuh kembang dari vanili yang Kamu tanam harus wajib kamu perhatikan, dan tidak lupa juga membasmi hama yang dapat merusak tanaman yang bisa menyebabkan kerugian dalam budidaya vanili.

Kamu bisa melakukan pembasmian hama dalam budidaya vanili ini dengan melakukan penyeprotan pestisida dan dengan pemberian berbagai nutrisi untuk tumbuh kembang vanili demi mencegah pembusukan pada batang vanila yang Kamu budidayakan.

Kegiatan ini harus rutin dilakukan agar kualitas vanili maksimal sehingga mendapatkan harga jual yang tinggi.

6. Pemanenan

Ini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu dalam budidaya vanili, adalah saat panen. Buah dari vanili dapat dipanen sekiranya pada saat tanaman sudah berusia sekitar 2 hingga 3 tahun.

Biasanya, panen vanili bisa dilakukan saat 8 – 9 bulan dengan masa panen 2 hingga 3 bulan penuh. Ada berbagai hal yang harus dilakukan setelah memanen polong dari vanili

  • Vanili yang sudah siap dipanen memiliki ciri-ciri buah vanili berwarna hijau dan dengan pucuknya yang berwarna kuning. Sebaiknya, panen vanili juga dengan memilih vanili yang sudah tua. Ini dikarenakan vanili yang sudah berusia tua memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan buah vanili yang memiliki usia muda.
  • Setelah itu, panaskan air sampai suhu 70°C dan rendam hasil vanili berupa polong tersebut selama kurang lebih 2 sampai 5 menit, kemudian keluarkan dengan hati-hati. Proses ini dilakukan agar kuman dan bakteri yang ada pada polong tersebut mati dan juga untuk proses selanjutnya.
  • Lalu, pindahkan polong vanili tersebut ke dalam kotak yang sudah dilapisi dengan kain yang tebal yang terbuat dari bahan wol dan juga dengan kotak yang terbuat dari bahan bambu. Diamkan pada kotak tersebut selama 36 sampai 48 jam dan biarkan polong berkeringat. Polong yang mengeluarkan air ini dikarenakan kondisinya yang masih panas, dan proses ini membantu dalam pengerigannya.
  • Lakukan pengeringan di paparan sinar matahari secara langsung selama 7 sampai 14 hari. Proses ini dilakukan secara bergantian. Sebarkan polong di atas nampan dan tempatkan di bawah paparan sinar matahari langsung selama 3 jam setiap hari. Selanjutnya, bungkus polong di dalam selimut atau kain dan masukkan ke dalam kotak agar “berkeringat” selama semalaman lagi. Proses ini dilakukan secara berulang-ulang sampai polong berubah warna menjadi coklat gelap.
  • Agar polong makin kering, biarkanlah mengering sendiri secara penuh. Gantung atau sebarkan polong pada nampan di dalam ruang pengeringan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, jagalah agar suhu ruangan tetap berada di 35 °C dan kelembapan 70%. Polong vanili benar-benar telah kering jika memiliki tekstur yang lunak, kasar, dan banyak terdapat kerutan memanjang.

***

Itulah berbagai langkah budidaya vanili yang perlu kamu perhatikan. Setelah tahu harga jual yang tinggi apakah Kamu berminat untuk membudidayakannya?

Namun, perlu ketelatenan karena memang cukup sulit untuk pembudidayaan tumbuhan vanili.

Alangkah lebih baiknya jika Kamu mencoba menanam jenis anggrek lain terlebih dahulu karena vanili termasuk dalam satu anggota suku anggrek-anggrekan

Leave a Reply