Film Anime Terbaik dengan Alur Cerita yang Menarik

Film Anime Terbaik

Siapa yang tidak tahu Naruto, Doraemon, dan Pokemon? Itu adalah beberapa anime yang pernah tayang di layar televisi kalian pada masa kecil, bahkan sampai sekarang pun masih ada ditayangkan di televisi nasional.

Siapa yang nggak tahu tentang anime yang merupakan film animasi Jepang yang sangat banyak peminatnya ini?

Anime memiliki ciri khas dengan penggambaran yang warna-warni dan juga dengan berbagai tokoh dengan sifat-sifat yang selayaknya ada pada sebuah cerita dan dengan latar belakang lokasi yang beragam.

Penikmat film anime ini sangat beragam, mulai dari anak kecil sampai dewasa dari berbagai belahan negara menyukainya baik laki-laki ataupun juga perempuan.

Anime dipengaruhi oleh manga, manga sendiri adalah komik khas Jepang. Rata-rata memang film dari sebuah anime akan berawal dari manga atau juga light novel, tidak berbeda dengan berbagai film lainnya yang diangkat dari sebuah novel bukan?

Anime sekarang dan dulu berbeda, semakin berkembang baik dari segi ceritanya dan pastinya dari segi grafiknya yang semakin bagus, bahkan ada film anime dengan grafik 3D. Beragam genre film anime juga sekarang ini sudah sangat banyak menyesuaikan peminat.

Berikut ini ada daftar film anime terbaik yang sangat bagus baik itu dari segi ceritanya, grafiknya, dan juga ratingnya yang sangat tinggi.

Saya sendiri adalah penikmat anime sudah sejak kecil dan sampai sekarang pun kalau ada genre film anime romance yang lucu langsung Saya cari, tonton, karena bisa ngabisin waktu seharian jika tidak ada kegiatan atau saat hari libur.

Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away) (2001)

Spirited Away

Sudah jelas mengapa saya memberi kalian saran film anime terbaik ini di urutan pertama, karena ceritanya yang bagus dan juga mengusung cerita yang erat kaitannya dengan cerita rakyat Shinto-Buddha Jepang.

Salah satu film anime terbaik ini memang tidak terlalu menarik dalam segi grafiknya. Namun alur ceritanya menjadi focus utama anime karya Studio Ghibli.

Studio Ghibli sudah pasti bukanlah rumah produksi yang sembarangan, studio yang terlahir di Jepang sejak tahun 1985 ini memproduksi berbagai genre film anime yang beragam dan dengan alur cerita yang sangat bagus.

Kembali ke Spirited Away, adalah genre film anime fantasi yang publish pada tahun 2001 yang di sutradarai oleh Hayao Miyazaki.

Anime ini menceritakan kisah seorang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro Ogino yang ketika pindah ke lingkungan baru, memasuki dunia roh dari cerita rakyat Shinto Jepang.

Setelah orang tuanya berubah menjadi babi oleh penyihir Yubaba, Chihiro mengambil pekerjaan dengan bekerja di pemandian Yubaba untuk menemukan cara membebaskan dirinya dan orang tuanya dan kembali ke dunia manusia.

Perjuangan Chihiro membebaskan dirinya dan kedua orangtuanya untuk kembali ke dunia manusia ini membuat dirinya mengubah kebiasaan lamanya yang penakut dan manja menjadi seorang yang berani, mandiri, bekerja keras dan pantang menyerah.

Walau genre film anime fantasi ini sudah sejak tahun 2001, berbagai penghargaan telah diraihnya dari tahun 2002 sampai tahun 2004 dari ajang award nasional sampai internasional.

Beberapa penghargaan bergengsi yang dimenangkannya adalah Oscar 2003 dengan nominasi Best Animated Feature, menang di 75th Academy Awards 2003 dengan nominasi Best Animated Feature Film, dan masih banyak lagi. Untuk scorenya pada situs My Anime List adalah 8.87.

Ada berbagai film anime terbaik yang diterbitkan oleh Studio Ghibli, kalian sekarang ini bisa menikmati beragam animenya di Netflix yang merupakan media-service provider and production terbaik di dunia.

Kimi no Nawa (Your Name) (2016)

Kimi no Nawa

Your Name (Kimi no Nawa) adalah genre film anime romance school yang tayang perdana pada tahun 2016. Film anime terbaik ini memiliki score 9.07/10 dari situs MAL (My Anime List) dan juga bagi bukan penikmat anime pun sangat menyukainya karena grafiknya yang sangat memukau dan juga sukses membuat banyak orang baper setelah melihat betapa gigihnya perjuangan cinta dari Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana.

Mitsuha Miyamizu adalah seorang gadis sekolah menengah, sangat ingin menjalani kehidupan di kota Tokyo yang ramai yang sangat berbeda dengan kehidupannya saat ini di pedesaan.

Sementara itu di kota Tokyo, Taki Tachibana menjalani kehidupan yang sibuk sebagai siswa sekolah menengah sambil bekerja paruh waktu dan bermimpi menjadi seorang arsitektur.

Suatu hari, Mitsuha terbangun di sebuah ruangan yang bukan miliknya dan tiba-tiba menemukan dirinya menjalani kehidupan impian di Tokyo tetapi dalam tubuh Taki! Di tempat lain, Taki mendapati dirinya menjalani kehidupan Mitsuha di pedesaan yang sederhana. Dalam mengejar jawaban atas fenomena aneh ini, mereka mulai mencari satu sama lain.

Anime karya Makoto Shinkai memang tidak pernah diragukan lagi, sudah banyak film anime terbaik yang ia keluarkan dan kebanyakan memiliki genre romance dengan alur cerita yang membuat siapa saja baper dan juga sudah jelas terkenal karena grafiknya yang sangat unggul dibandingkan berbagai film anime lainnya. Menariknya lagi, film anime Your Name ini menang pada ajang LAFCA Animation Award 2016 sebagai Best Animated Film in 2017.

Koe no Katachi (A Silent Voice) (2016)

A Silent Voice

Pada tahun yang sama 2016, film yang dipublish oleh Kyoto Animation ini memang layak diakui sebagai film anime dengan pesan moral yang sangat bagus.

Anime ini memiliki pesan dimana bullying bukanlah hal yang pantas dilakukan karena dapat membuat tekanan mental baik itu dari orang yang dibully dan juga konsekuensi yang diterima oleh orang yang suka melakukan bullying.

Dengan genre anime drama romance, Koe no Katachi atau yang dikenal banyak orang A Silent Voice sukses membuat penontonnya larut akan suasana.

A Silent Voice adalah film anime drama remaja Jepang yang ditayangkan pada tahun 2016 yang diproduksi oleh Kyoto Animation, disutradarai oleh Naoko Yamada dan ditulis oleh Reiko Yoshida.

Cerita darifilm anime ini berdasarkan manga dengan nama yang sama yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshitoki Ōima. Film ini ditayangkan perdana di Jepang pada 17 September 2016, dan di seluruh dunia antara Februari dan Juni 2017. Film anime ini mendapatkan score 8.8 di situs My Anime List.

Bercerita tentang Shoya Ishida berniat bunuh diri. Mengubah pikirannya pada menit terakhir, dia mengingat hari-harinya di sekolah dasar dan peristiwa yang membawanya ke sini.

Seorang siswi baru bernama Shoko Nishimiya memberi tahu kelas bahwa dia tuli. Namun, Shoya malah mengganggu dengan membully habis-habisan Shoko.

Kelakuan ini terus berlanjut dan suatu saat berita tentang intimidasi Shoya kepada Shoko sampai ke kepala sekolah, Shoya dipilih sebagai biang keladinya.

Segera, intimidasi kelas diarahkan ke arahnya, memberinya perlakuan yang sama dengan yang diberikannya pada Shoko. Shoya menyalahkan Shoko, dan keduanya masuk ke pertengkaran fisik.

Dia kemudian dipindahkan ke sekolah lain. Dia kemudian menemukan buku catatan Shoko, yang ditinggalkannya, dan menyimpannya.

Setelah Shoya masuk ke jenjang SMA, dia menerima cibiran oleh banyak orang sebagai orang yang suka melakukan tindakan bully, sehingga ia tidak ingin dengar suara orang-orang lain dan tidak berani menatap mata orang lain.

Shoya akhirnya mengunjungi pusat bahasa isyarat, mengembalikan buku catatan Shoko kepadanya dengan harapan menebus kesalahan dan mengungkapkan ia telah belajar bahasa isyarat.

Film anime terbaik yang sangat bagus untuk menggambarkan kehidupan sekarang ini yang masih banyak tindakan intimidasi.

Kelak memang akan mendapatkan karma yang diterima oleh orang yang suka melakukan bullying. Namun, belajar pada masa lalu dan berubah untuk menjadi lebih baik menjadi point utama film anime ini. Ada banyak scene di film ini yang bisa membuat Kalian terbawa suasana.

Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies) (1988)

Grave of the Fireflies

Jika kembali pada film anime terbaik yang pernah Saya tonton dan sukses membuat Saya bahkan banyak orang yang menontonnya menangis setelah menonton film anime ini, maka sangat Saya sarankan film anime lawas dengan judul Grave of the Fireflies.

Yang membuat film anime ini bisa menyandang film anime terbaik tersedih sepanjang sejarah Jepang adalah karena berdasarkan peristiwa nyata dan berlatar belakang World War II.

Grave of the Fireflies adalah film perang animasi Jepang 1988 berdasarkan kisah pendek semi-otobiografi 1967 dengan nama yang sama oleh Akiyuki Nosaka yang memang tinggal di Koba semasa kecilnya.

Film anime ini ditulis dan disutradarai oleh Isao Takahata, dan dianimasikan oleh Studio Ghibli untuk penerbit cerita Shinchosha Publishing. Salah satu film anime terbaik sepanjang sejarah Jepang ini mendapatkan score 8.51 dari situs My Anime List.

Bertempat di kota Kobe, Jepang, pada tahun 1945 anime ini bercerita tentang dua saudara kandung, Seita dan Setsuko, dan perjuangan putus asa mereka untuk bertahan hidup selama bulan-bulan terakhir Perang Dunia Kedua.

Kejadian mengerikan selama akhir masa Perang Dunia Kedua ini digambarkan sangat mengerikan, dimana Pasukan Sekutu menjatuhkan lebih dari 150.000 ton bom di Jepang selama tahap penutupan Perang Dunia II. Sebanyak 330.000 orang tewas.

Film anime terbaik ini menang berbagai gelar nominasi bergengsi. Japan Catholic Film Award tahun 1988, the Special Award di 31st Blue Ribbon Awards tahun 1989, the Animation Jury and Rights of the Child Awards di Chicago International Children’s Film Festival tahun 1994, dan 1st Moscow International Children’s and Youth’s Film Festival Grand Prix pada tahun 1998.

Sangat Saya sarankan jika ingin menonton film anime terbaik yang bisa membuat menangis adalah dengan mentonton film ini. Perjuangan mereka sampai akhir hayatnya sangat menyentuh.

Cinta Seita terhadap adiknya yang besar membuat mereka berdua bisa bertahan hidup di situasi yang sangat mengerikan.

Itulah beberapa rekomendasi anime terbaik yang bisa Kamu tonton selama liburan, masih ada banyak film anime terbaik yang tayang setiap tahunnya.

Anime dengan tayangan per episode juga banyak sekali yang memiliki alur cerita yang sangat menarik dan bisa membuat baper. Terlalu banyak menonton anime terkadang membuat kita di cap sebagai Wibu oleh teman-teman Kamu, seperti saya ini.

Jika mereka menganggap Kamu Wibu, ajaklah mereka menonton film anime terbaik tersebut, pasti mereka akan terbawa suasana.

Leave a Reply