5 Film Biografi Terbaik Yang Menarik

Menonton film biografi dari berbagai tokoh terkenal memang sangat menyenangkan. Karena, beragam film dengan genre ini menyajikan cerita dari berbagai tokoh terkenal yang sangat berpengaruh dalam masa depan umat manusia.

Bagi kamu yang sangat senang dengan film yang tanpa adanya fiksi dan terlalu banyak drama, maka film biografi ini sangatlah menarik untuk ditonton.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan wawasan tentang orang yang dibuatkan film dari pejalanan hidupnya tersebut. Ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari film biografi, salah satunya adalah kegigihannya dan jiwa untuk pantang menyerah.

Film biografi terbaik bisa kamu tonton bersama keluarga kamu maupun teman kamu. Dan pada kali ini, saya akan membagikan berbagai film biografi terbaik yang bisa kamu tonton selama liburan.

Berikut ini adalah 5 film biografi terkenal yang menarik yang penuh pelajaran positif yang pastinya sangat menarik.

1.Gandhi (1982)

Gandhi (1982)

Mohandas Karamchand Gandhi atau yang biasa dikenal dengan Mahatma Gandhi ialah seorang pemimpin spiritual dan politikus dari India.

Gandhi adalah salah seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Ia adalah pegiat yang tak menerapkan kekerasan, mengusung gerakan kemerdekaan via aksi demonstrasi tenteram dan berjalan dengan damai.

Film biografi terbaik ini menceritakan kehidupan pengacara yang menjadi pemimpin pemberontakan India yang terkenal menentang pemerintahan Inggris melalui filosofi protes tanpa kekerasan. Ia adalah Mahatma Gandhi.

Pada tahun 1893, Mohandas K. Gandhi dilempar dari kereta Afrika Selatan karena menjadi orang India dan bepergian di kompartemen kelas satu.

Gandhi menyadari bahwa undang-undang itu bias terhadap orang India dan memutuskan untuk memulai kampanye protes tanpa kekerasan untuk hak-hak semua orang India di Afrika Selatan.

Setelah banyak penangkapan dan perhatian dunia yang tidak diinginkan, pemerintah akhirnya mengalah dengan mengakui hak-hak orang India, meskipun tidak untuk orang kulit hitam asli Afrika Selatan.

Setelah kemenangan ini, Gandhi diundang kembali ke India, di mana ia sekarang dianggap sebagai pahlawan nasional. Dia didesak untuk melakukan perjuangan kemerdekaan India dari Kerajaan Inggris.

Gandhi setuju, dan melakukan kampanye non-kekerasan tanpa kekerasan dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, mengoordinasikan jutaan orang India secara nasional.

Ada beberapa kemunduran, seperti kekerasan terhadap para pemrotes dan pemenjaraan Gandhi sesekali. Namun demikian, kampanye ini menghasilkan perhatian besar, dan Inggris menghadapi tekanan publik yang kuat.

Terlalu lemah dari Perang Dunia II untuk terus menegakkan kehendaknya di India, Inggris akhirnya memberikan kemerdekaan India.

Gandhimerupakan film biografi terbaik epik tahun 1982 yang didasarkan pada kehidupan Mohandas Karamchand Gandhi, pemimpin gerakan kemerdekaan India tanpa kekerasan, non-kooperatif melawan pemerintahan Inggris di negara itu selama abad ke-20.

Film ini, produksi bersama Inggris-India, ditulis oleh John Briley dan diproduksi dan disutradarai oleh Richard Attenborough. Ini dibintangi Ben Kingsley dalam peran judul.

2.Lincoln (2012)

Lincoln (2012)

Siapa yang tidak mengenal Presiden Amerika yang sangat terkenal ini?

Ya, namanya adalah Abraham Lincoln. Abraham Lincoln merupakan Presiden Amerika Serikat yang ke-16, menjabat sejak 4 Maret 1861 sampai terjadi pembunuhannya.

Dia memimpin bangsanya keluar dari Perang Saudara Amerika, mempertahankan persatuan bangsa, dan menghapuskan perbudakan. Ini adalah film biografi terbaik yang bisa kamu nikmati dengan keluarga maupun teman kamu.

Ketika Perang Sipil Amerika terus berkecamuk, presiden Amerika yang saat itu dijabat oleh Abraham Lincoln, berjuang dari segala pembantaian yang berkelanjutan di medan perang ketika ia bertarung dengan banyak orang di dalam kabinetnya sendiri tentang keputusan untuk membebaskan budak.

Pada tahun 1865, ketika Perang Saudara Amerika berakhir dengan kesimpulan yang tak terhindarkan, presiden AS Abraham Lincoln berusaha keras untuk mencapai pengesahan amandemen konstitusi penting yang selamanya akan melarang perbudakan dari Amerika Serikat.

Namun, tugasnya adalah berpacu dengan waktu, karena perdamaian dapat datang kapan saja, dan jika itu terjadi sebelum amandemen disahkan, negara-negara selatan yang kembali akan menghentikannya sebelum dapat menjadi hukum.

Lincoln berusaha keras, dengan hampir segala cara yang mungkin bisa dilakukannya untuk memperoleh suara yang cukup dari Kongres yang bandel sebelum perdamaian tiba dan sudah terlambat.

Namun sang presiden terkoyak, karena perdamaian awal akan menyelamatkan ribuan nyawa. Ketika bangsa itu menghadapi nurani mereka atas kebebasan seluruh penduduknya, Lincoln menghadapi krisis nuraninya sendiri – mengakhiri perbudakan atau mengakhiri perang.

Lincoln merupakan film biografi terbaik sejarah yang tayang pada tahun 2012 yang disutradarai dan diproduksi oleh Steven Spielberg, dibintangi Daniel Day-Lewis sebagai Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln. Film ini juga menampakkan Sally Field, David Strathairn, Joseph Gordon-Levitt, James Spader, Hal Holbrook, dan Tommy Lee Jones dalam peran pendukung.

Skenario karya Tony Kushner secara longgar didasarkan pada buku biografi Doris Kearns Goodwin tahun 2005, The Rivals:

The Brilian Politik Abraham Lincoln, dan mencakup empat bulan terakhir kehidupan Lincoln, berpusat pada upayanya pada Januari 1865 untuk menghapus perbudakan dan perbudakan paksa dengan mempunyai Amandemen Ketigabelas Konstitusi Amerika Serikat diresmikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat.

3.Mandela: Long Walk to Freedom (2013)

Mandela Long Walk to Freedom

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Nelson Mandela? Kisahnya sangat berpengaruh pada kesetaraan ras kulit hitam dan putih di seluruh dunia yang menghubah persepsi bahwa masyarakat kulit hitam derajatnya lebih rendah daripada data orang kulit putih.

Inilah Film biografi terbaik yang diangkat dari kisah hidup Nelson Mandela, perjalanan hidupnya sedari masa kecilnya di desa hingga pelantikannya sebagai presiden pertama Afrika Selatan yang terpilih secara demokratis.

 Nelson Mandela adalah seorang pengacara Afrika Selatan yang bergabung dengan Kongres Nasional Afrika pada 1940-an ketika hukum di bawah tirani brutal sistem Apartheid terbukti tidak berguna bagi rakyatnya.

Terpaksa meninggalkan protes damai untuk perlawanan bersenjata setelah Pembantaian Sharpeville, Mandela membayar mahal ketika dia dan rekan-rekannya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena pengkhianatan. Sementara istrinya, Winnie, dilecehkan oleh pihak berwenang sendiri.

Selama beberapa dekade dalam rantai, semangat Mandela tidak membungkuk saat perjuangannya terus berlanjut di dalam dan di luar penahanannya untuk menjadi tujuan internasional.

Namun, ketika tekad Winnie mengeras selama bertahun-tahun menjadi kekerasan yang kejam, status Nelson sendiri meningkat hingga ia menjadi pemimpin gerakan yang terkenal.

Status itu akan diuji ketika pembebasannya semakin dekat dan harus ditemukan cara untuk memenangkan kemenangan damai yang akan meninggalkan negaranya, dan semua rakyatnya agar menjadi raktyat yang sejahtera.

Mandela: Long Walk to Freedom adalah film biografi terbaik Inggris-Afrika 2013 yang disutradarai oleh Justin Chadwick dari naskah yang ditulis oleh William Nicholson dan dibintangi oleh Idris Elba dan Naomie Harris.

Film ini didasarkan pada buku otobiografi 1995 Long Walk to Freedom oleh revolusioner anti-apartheid dan mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela.

4.Steve Jobs (2015)

Steve Jobs

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini yang membuat berbagai macam gadget dengan berbagai inovasinya dan juga dengan tampilan yang mewah?

Apalagi kalau bukan Apple. Bagi kamu yang saat ini menggunakan Macbook, iPhone, atau iPad, selayaknya kamu harus menonton founder dari gadget yang saat ini sedang kjamu gunakan tersebut. Ia adalah Steve Jobs, pendiri raksasa teknologi, Apple.

Steve Jobs membawa kita ke belakang layar revolusi digital, untuk melukis potret pria itu di pusat gempa. Kisah ini terungkap di belakang panggung di tiga peluncuran produk ikonik, berakhir pada tahun 1998 dengan pembukaan iMac.

Semangat dan kecerdikannya telah menjadi kekuatan pendorong di balik era digital. Namun upayanya untuk merevolusi teknologi adalah pengorbanan yang sangat besar.

Pada akhirnya itu mempengaruhi kehidupan keluarganya dan mungkin kesehatannya. Dalam film yang mengungkapkan ini berusaha untuk mengeksplorasi cobaan dan kemenangan jenius modern, almarhum CEO Apple inc. Steven Paul Jobs yang bekerja dengan keras untuk membuat kemajuan dalam dunia yang sudah memasuki era digital.

Steve Jobs ialah film biografi terbaik 2015 yang disutradarai oleh Danny Boyle dan ditulis oleh Aaron Sorkin. Diadaptasi dari biografi 2011 oleh Walter Isaacson dan wawancara yang dilakukan oleh Sorkin, film ini mencakup 14 tahun (1984-1998) dalam kehidupan pendiri Apple Inc. Steve Jobs.

Pada film ini, Jobs diperankan oleh Michael Fassbender, dengan Kate Winslet, Seth Rogen, Katherine Waterston, Michael Stuhlbarg, dan Jeff Daniels dalam peran pembantu.

Pengembangan film biografi terbaik ini dimulai pada 2011 setelah hak atas buku Isaacson diperoleh. Pembuatan film dimulai pada Januari 2015.

Berjenis-jenis pemeran film pria dipertimbangkan dan dilemparkan sebelum Fassbender alhasil mengambil peran. Editing amat luas pada proyek ini, dengan editor Elliot Graham dimulai dikala film masih syuting.

Daniel Pemberton berperan sebagai komposer, dengan konsentrasi membagi skor menjadi tiga bagian yang bisa dibedakan.

5.First Man (2018)

First Man

Ini adalah kisah orang pertama yang memijakkan kakinya di bulan, adalah Neil Armstrong, seorang astronot yang dipercaya untuk melakukan misi dari NASA untuk melakukan perjalanan ke bulan pada tahun 1969.

Kisahnya yang menarik akhirnya dibuatkan film bografi terbaik yang bisa kamu tonton saat liburan.

Film biografi terbaik ini bercerita tentang pandangan tentang kehidupan astronot, Neil Armstrong, dan misi luar angkasa legendaris yang membawanya menjadi manusia pertama yang berjalan di Bulan pada 20 Juli 1969.

Film biografi terbaik ini berdasarkan cerita dari kehidupan Astronot Amerika legendaris Neil Armstrong dari tahun 1961-1969, dalam perjalanannya untuk menjadi manusia pertama yang berjalan di bulan.

Menjelajahi pengorbanan dan biaya pada Nation dan Neil sendiri, selama salah satu misi paling berbahaya dalam sejarah perjalanan ruang angkasa.

First Man merupakan film biografi terbaik dengan adanya sedikit drama Amerika 2018 yang disutradarai oleh Damien Chazelle dan ditulis oleh Josh Singer.

Menurut buku 2005 First Man: The Life of Neil A. Armstrong oleh James R. Hansen, film ini dibintangi oleh Ryan Gosling sebagai Neil Armstrong, bersama Claire Foy, Jason Clarke, Kyle Chandler, Corey Stoll, Ciarán Hinds, Christopher Abbott, Patrick Fugit, dan Lukas Haas, dan meniru tahun-tahun memasuki misi Apollo 11 ke Bulan pada tahun 1969. Steven Spielberg melayani sebagai produser eksekutif.

***

Itu adalah berbagai film biografi terbaik tokoh-tokoh dunia yang mempunyai pengaruh banyak bagi masyarakat dan juga ilmu pengehtahuan.

Ada banyak sekali film biografi yang bisa kamu tonton, kamu yang orang Indonesia sendiri ada banyak film biografi tentang berbagai tokoh sekarah atau pahlawan kemerdekaan.

Leave a Comment