7 Film Hacker Terbaik Dengan Cerita Paling Seru

Hacker, siapa yang tidak tahu ini? Khususnya buat orang-orang seperti kalian yang sangat kental dengan teknologi. Hacker ini adalah seorang peretas yang mengambil atau mencuri data dari sebuah pribadi atau perseorangan dengan mengandalkan teknologi jaringan.

Memang, hacker ini dianggap sebagai penjahat. Namun, dengan kamu menonton rekomendasi film hacker terbaik dari saya ini, dijamin malah kamu pingin menjadi seorang hacker.

Memang sih, tidak selamanya menjadi seorang hacker itu buruk, ada juga kok seorang hacker yang bekerja untuk mengamankan data.

Ini karena hacker sangat pandai dalam mencari celah, jadi tugas dia adalah dengan mencari cara agar celah tersebut tidak bisa ditembus oleh hacker yang tidak bertanggungjawab.

Apakah kamu sendiri adalah seorang hacker? Ataukah kamu pingin menjadi seorang hacker? Berikut ini adalah 7 rekomendasi film hacker terbaik yang bisa kalian tonton selama liburan agar liburanmu semakin seru!

1.The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Menjadi hacker memang tidak memandang usia, buktinya pada film The Girl with the Dragoon Tattoo, hacker ini adalah tipikial hacker yang baik yang masih berusia muda, apalagi ia adalah seorang perempuan! Bercerita tentang jurnalis Mikael Blomkvist dibantu dalam pencariannya untuk seorang wanita yang telah hilang selama empat puluh tahun oleh Lisbeth Salander, seorang hacker komputer muda.

Film hacker terbaik ini adaptasi berbahasa Swedia dari novel Swedia karya Stieg Larsson. Mengikuti seorang jurnalis yang dipermalukan, Mikael Blomkvist (diperankan oleh Daniel Craig), ketika ia menyelidiki hilangnya keponakan leluhur leluhur kaya dari 40 tahun yang lalu.

Dia dibantu oleh hacker komputer punk yang berpenampilan eksentrik, bernama Lisbeth Salander (diperankan oleh Rooney Mara).

Ketika mereka bekerja bersama dalam penyelidikan, Blomkvist dan Salander mengungkap korupsi besar di luar apa pun yang pernah mereka bayangkan.

Film hacker terbaik ini sangat cocok bagi kamu yang merupakan seorang wanita. Jika kebanyakan seorang wanita tidak terlalu cocok untuk bekerja menjadi seorang programmer, namun di film ini, semua itu tertepis dengan pintarnya seorang hacker wanita yang masih berusia muda!

2.The Fifth Estate (2013)

The Fifth Estate (2013)

Sekali lagi, hacker tidak melulu adalah seorang penjahat. Dalam film hacker terbaik dengan judul The Fifth Estate yang merupakan kisah nyata ini, seorang hacker mengungkap pencarian untuk mengekspos penipuan dan korupsi kekuasaan yang mengubah seorang pemula di internet menjadi organisasi abad ke 21 yang paling diperdebatkan dengan sangat sengit.

Kisah dari film hacker terbaik ini dimulai ketika pendiri WikiLeaks, Julian Assange (diperankan oleh Benedict Cumberbatch) dan rekannya Daniel Domscheit-Berg (diperankan oleh Daniel Brühl) bekerja sama untuk menjadi pengawas bawah tanah dari yang berkuasa dan berkuasa.

Dengan sedikit uang, mereka menciptakan platform yang memungkinkan peluit peluit untuk membocorkan data rahasia secara anonim, menyinari ceruk gelap rahasia pemerintah dan kejahatan perusahaan

Segera, mereka menyampaikan lebih banyak berita keras daripada gabungan organisasi media paling legendaris di dunia. Tetapi ketika Assange dan Berg mendapatkan akses ke kumpulan terbesar dokumen intelijen rahasia dalam sejarah AS, mereka saling bertempur dan pertanyaan yang menentukan pada zaman kita: berapa biaya untuk menyimpan rahasia di masyarakat bebas – dan berapa biaya untuk mengekspos mereka?

Memang, suatu negara pasti menyimpan sebuah catatan yang tidak dipublish kepada warganya. Namun, catatan atau data tersebut adalah data yang sangat rahasia dan juga jika public tahu, maka akan dibuat geger karena terkadang pernyataan yang dikeluarkan kepada public tidak sama dengan aslinya. Mau mencoba jadi hacker yang membobol data rahasia negara kamu?

3.Who Am I (2014)

Who Am I (2014)

Jika kamu berkata kepada saya mana film hacker terbaik yang membuat saya sangat ingin belajar komputer lebih dalam? Jawabannya adalah film Who Am I.

Bercerita tentang Benjamin, jagoan komputer muda Jerman, diundang untuk bergabung dengan kelompok peretas subversif yang ingin diperhatikan di panggung dunia.

Benjamin (diperankan oleh Tom Schilling) tidak terlihat, bukan siapa-siapa. Ini berubah tiba-tiba ketika dia bertemu Max karismatik (diperankan oleh Elyas M’Barek).

Meskipun mereka tidak tampak berbeda dari luar, mereka memiliki minat yang sama: hacking. Bersama dengan teman-teman Max, Stephan yang impulsif (diperankan oleh Wotan Wilke Mohring) dan Paul yang selalu paranoid (dipernkan oleh Antone Monot), mereka membentuk kolektif Hacker subversif CLAY (CLOWNS LAUGHING @ YOU).

CLAY memprovokasi dengan kampanye yang menyenangkan dan berbicara untuk seluruh generasi. Untuk pertama kalinya dalam hidupnya, Benjamin adalah bagian dari sesuatu dan bahkan Marie yang cantik dan menarik (dipernkan oleh Hannah Herzsprung) mulai memperhatikannya.

Tapi kesenangan berubah menjadi bahaya mematikan ketika CLAY muncul di BKA (Bundeskriminalamt, Kantor Polisi Kriminal Federal) serta daftar paling dicari Europol. Diburu oleh penyelidik Cybercrime Hanne Lindberg (diperankan oleh Trine Dyrholm).

Akhirnya, cita-cita Benjamin terwujud. Sekarang ia bukan lagi bukan siapa-siapa, melainkan salah satu peretas yang paling dicari di dunia. Apakah ini yang kamu inginkan juga? Menjadi hacker dan mencari eksistensi?

4.Blackhat (2015)

Blackhat (2015)

Dalam klasifikasi hacker, hacker dibagi menjadi 2 tipe, White Hat dan juga Black Hat. White Hat adalah seorang hacker yang bekerja untuk mengamankan data dan juga bekerja untuk suatu kebaikan. Namun, dimana kebaikan ada, disitu pasti ada keburukan juga bukan?

Itulah Black Hat, hacker yang mencari informasi dengan cara apapun termasuk meretas tanpa adanya tanggungjawab. Ini adalah salah satu film hacker terbaik yang menceritakan Seorang narapidana cuti dan mitranya dari Amerika dan Cina memburu jaringan kejahatan dunia maya tingkat tinggi dari Chicago ke Los Angeles ke Hong Kong ke Jakarta.

Nick Hathaway (diperankan oleh Chris Hemsworth) adalah seorang peretas yang sangat berbakat yang tersesat, menemukan jalan keluar dari hukuman penjara 15 tahun ketika bagian-bagian dari kode komputer yang pernah ia tulis semasa mudanya muncul dalam sebuah malware yang memicu serangan teroris di sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di China.

Kesempatan ini akan menyatukan kembali dia dengan seorang teman lama tetapi juga akan menempatkannya di tengah-tengah permainan kekuasaan antara pemerintah Amerika dan Cina serta seorang peretas penjahat yang identitasnya harus dia temukan jika dia ingin mempertahankan kebebasan dan hidupnya.

Ya, dalam film hacker terbaik ini juga mengambil scene dimana ada adegan di Indonesia, Jakarta. Walau hanya sebentar, tapi film ini cukup menarik untuk terpikirkan mengambil scene di Jakarta.

5.Snowden (2016)

Snowden (2016)

Nah, jika kita tadi membicarakan sebuah dokumen perusahaan atau negara bocor, inilah Snowden yang berhasil mengambil data rahasia dari Teknik pengawasan ilegal NSA.

Data rahasia tersebut dibocorkan ke publik oleh salah satu karyawan agensi, Edward Snowden, dalam bentuk ribuan dokumen rahasia yang didistribusikan kepada pers.

Kecewa dengan komunitas intelijen, kontraktor top Edward Snowden (diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt) meninggalkan pekerjaannya di Badan Keamanan Nasional.

Dia sekarang tahu bahwa segunung data virtual sedang dikumpulkan untuk melacak semua bentuk komunikasi digital – tidak hanya dari pemerintah asing dan kelompok teroris, tetapi dari orang Amerika biasa.

Ketika Snowden memutuskan untuk membocorkan informasi rahasia ini, ia menjadi pengkhianat bagi sebagian orang, pahlawan bagi orang lain, dan buron dari hukum.

Bagaimana? Apakah kamu ingin berusaha membocorkan data rahasia yang ada pada sebuah perusahaan atau bahkan data rahasia negara?

Siap-siap menjadi buronan negara dan mungkin kamu bisa jadi pahlawan bagi sebagian orang yang ingin mengungkap fakta kelam dibalik semua itu.

6.Hacker (Anonymous) (2016)

Hacker Anonymous

Siapa yang tidak mengenal sebutan dari hacker yaitu Anonymous. Anonymous diartikan sebagai orang yang tidak mengungkapkan data pribadinya bahkan namanya sekalipun.

Dalam film hacker terbaik ini, kita jadi tahu apa saja praktik illegal yang dilakukan oleh seorang anonymous untuk bisa mendapatkan uang dari sebuah pencurian. Bukan melalui pencurian secara fisik atau langsung, melainkan menggunakan internet.

Dengan bantuan teman-teman barunya, Alex Danyliuk (diperankan oleh Callan McAuliffe) beralih ke kehidupan yang penuh kejahatan dan pencurian identitas.

Ini ia lakukan karena keluarganya sekarang ini mengalami masalah keuangan yang membuat ia bingung harus mencari uang darimana lagi. dengan bantuan Sye (diperankan oleh aniel Eric Gold), seorang penipu jalanan yang memperkenalkannya ke dunia perdagangan pasar gelap, Kira (diperankan oleh Lorraine Nicholson), peretas wanita muda, dan kontak di web gelap.

Setelah menemukan keberhasilan dalam menyebabkan kekacauan pasar keuangan, mereka mendapatkan perhatian dari Z, seorang tokoh bertopeng misterius, yang adalah kepala organisasi yang dikenal sebagai Anonim, dan target nomor satu oleh FBI.

Berniat menjadi seorang hacker? Itulah akibat yang bisa didapatkan, menjadi buronan polisi! Namun, film hacker terbaik ini bisa jadi tontonan yang menarik dan seru selama liburan kamu di rumah.

7.Hacker (2019)

Hacker (2019)

Ini adalah film hacker terbaik yang masih termasuk film terbaru. Bercerita tentang Benjamin (diperankan oleh Rumle Kærså) yang berusia tiga belas tahun menemukan bahwa ibunya tidak mati dalam kecelakaan karena dituntun untuk percaya. Jejak menunjuk ke pejabat tinggi di Dinas Rahasia Denmark, dan dia diberitahu untuk tidak mempercayai siapa pun.

Ini adalah film hacker terbaik yang masih tergolong baru. Tayang pada bulan Juli 2019 dengan genre action tentunya membuat film ini semakin seru ditonton selama liburan kamu.

Pada film hacker terbaik ini, Benjamin berusaha mengungkap misteri dibalik kematian ibunya. Ia tidak percaya akan kematian tersebut. Ia akhirnya berusaha untuk meretas data rahasia yang ada pada negara Denmark untuk mengungkap dibalik semua itu.

Film ini memang masih baru, dan masih jarang yang mengehtahuinya. Namun, tidak ada salahnya jika kamu menonton film hacker ini. Alur cerita yang seru dan juga dengan bakat seorang anak muda yang masih 13 tahun untuk meretas sistem keamanan negara tentunya adalah sebuah hal yang sangat hebat.

Itulah beberapa rekomendasi dari saya untuk film hacker terbaik. Ingat! Jika kamu ingin menjadi hacker, jadilah hacker yang baik.

Tidak mencuri data rahasia dan juga membocorkannya bahkan menjualnya. Ada banyak manfaat yang bisa kamu lakukan dalam melakukan aksi ini. Pastinya, kalau kamu bandel, siap-siap deh, diciduk sama polisi.