13 Film India Terbaik Cocok Buat Stay At Home

film India terbaik

Sudah lama sekali kita tidak melihat film India yang booming lagi nih. Ya memang bahwa dulu film India sangat diminat banyak orang di dunia bahkan di Indonesia sekalipun.

Tahukah kamu kalau produksi film India sendiri lebih produktif atau memproduksi film terbanyak dalam satu tahun dibandingkan film Hollywood loh.

Tepatnya pada tahun 2009 industri perfilman India dalam hal ini Bollywood sudah membuat 1.288 judul film dengan 24 bahasa yang berbeda. Sedangkan Hollywood hanya memproduksi 606 judul film pada tahun 2008.

Bukan film India jika tidak ada nyanyian dan juga iring-iringan para penarinya yang membuatnya sangat berbeda dari film-film dari negara lain.

Ya benar apapun genre filmnya film India identik dengan nyanyian dan tarian yang menjadi ciri khas tersendiri bagi para penggemarnya.

Nah bagi kamu yang lagi gabut ditengah pandemik virus Corona ini lebih baik kamu nonton film India terbaik yang cocok buat kamu yang melaksanakan Stay at home.

Kuch Kuch Hota Hai

Kuch Kuch Hota Hai

Bagi setiap orang yang suka dengan film India pasti sudah sangat familiar dengan judul film yang satu ini bahkan bagi orang yang tidak pernah nonton film India sekalipun.

Ya film ini adalah film India terbaik yang sangat booming sekali di masanya bahkan hingga saat ini. Adapun yang membuat film ini sangat digemari adalah karena aktor yang memeraninya yakni Shah Rukh Khan dan Kajol yang fenomenal.

Shah Rukh Khan menjadi aktor asal India yang sangat terkenal hingga diseluruh dunia bahkan di Indonesia sempat menjadi demam Khan. Ya mungkin hal ini yang menjadikan film Kuch Kuch Hota Hai sangat berkesan bagi penontonnya.

Film yang disutradarai Karan Johar ini berhasil membuat film India terlihat lebih dinamis, modern, dan berwarna. Sehingga film ini sempat menyabet berbagai penghargaan di Film Fare Awards yang merupakan Grammy Awardnya industri perfilman di India dengan kategori Film Terbaik.

Juga di nobatkannya Shah Rukh Khan sebagai Aktor Terbaik, kemudian Kajol sebagai Aktris Terbaik, lalu Skenario Terbaik dan yang terakhir Sutradara Terbaik untuk Karan Johar.

Dilihat dari berbagai penghargaan tersebut tentu film Kuch Kuch Hota Hai ini layak kamu tonton walaupun hanya sekali seumur hidup.

Taare Zamaen Par

Taare Zamaen Par

Taare Zameen Par ini merupakan karya terbaik dari seorang aktor, produser, dan sutradara Amir Khan yang menjadikannya film India terbaik yang wajib kamu tonton.

Bagaimana tidak setelah sukses besar di India Walt Disney Pictures pun ikut tertarik untuk mendistribusikan film ini di Amerika Serika dengan judul Like Stars on Earth.

Dengan hal tersebut tidak heran bahwa film buatan Amir Khan ini menjadi satu-satunya film India yang sukses hingga ke negeri paman Sam.

Sinopsis singkatnya film ini mengisahkan seorang anak penderita disleksia yang penuh imajinasi yang hanya dimengerti oleh dirinya.

Sehingga ia pun di kucilkan oleh teman-temannya. Namun hal itu berubah di saat kedatangan seorang guru seni yang mengerti dan mengembangkan bakat anak tersebut.

Lagaan

Lagaan

Film Lagaan merupakan salah satu film India terbaik yang sukses menyabet penghargaaan yang paling bergengsi di dunia yakni Academy Awards.

Amir Khan merupakan produser sekaligus bintang di film ini berhasil membuat film Lagaan masuk nominasi Academy Awards dalam kategori film berbahasa Asing terbaik di tahun 2002.

Film ini mengisahkan tentang perjuangan rakyat kecil yang melawan orang asing yang berkuasa dan semena-mena terhadap rakyat kecil tersebut dengan cara menaikan tarif pajak yang tinggi.

Untuk menghapuskan pajak tersebut rakyat harus melakukan tantangan yang diberikan penguasa asing tersebut dengan bertanding kriket.

My Name is Khan

My Name is Khan

Dari judulnya sudah kelihatan kan bahwa film ini diperankan oleh sang maestro aktor ternama Shah Rukh Khan yang di meriahkan juga dengan aktris ternama Kajol.

Tentu dengan kedua aktor dan aktris ini otomatis membuat film My Name is Khan menjadi film India terbaik yang harus kamu tonton.

Film ini memang termasuk film yang cukup kontroversial dimasanya karena film ini membahas permasalahan yang cukup tabu bagi penontonnya seperti membahas tentang politik dan agama.

Singkat cerita Shah Rukh Khan yang berperan sebagai seorang muslim penderita Aspergers Syndrome dan Kajol sebagai wanita beragama Hindu yang anaknya menjadi korban bully di sekolahnya.

Kemudian Khan ingin sekali bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama untuk membuktikan bahwa tidak semua muslim adalah teroris.

3 Idiots

3 Idiots

Film 3 idiots ini merupakan salah satu film India terbaik yang pernah admin tonton loh hehe. Ya film ini sangat menarik karena cerita dan alurnya yang fresh di tahun 2009 silam.

Mungkin bagi kamu yang belum nonton tidak mengetahui keseruan film ini tapi percaya lah dijamin film ini bikin harimu lebih berwarna hehe.

Singkat cerita film ini mengisahkan 3 orang sahabat yang duduk di bangku mahasiswa. Film ini memaparkan pentingnya pendidikan itu adalah hal yang sangat penting.

Dengan karakter Rancho ini memberikan peran sebagai orang yang kreatif dan berusaha untuk menjadi pengusaha sukses.

Karena film ini sangat menarik dan memberikan motivasi bagi penontonnya tak heran film ini masuk box-office di berbagai negara hingga Amerika.

Rang De Basanti

Rang De Basanti

Rang De Basanti merupakan film India yang menyuguhkan cerita dan dialog yang kuat. Mengapa film ini dinobatkan film India terbaik karena memang film ini masuk dalam FilmFare Awards dan tangaapan positif dari berbagai kritikus film dunia sehingga layak banget kamu tonton

Film ini mengisahkan seorang sineas Inggris yang sedang membuat film dokumenter tentang pemberontak di India yang didukung dari catatan harian milik ayahnya. Kemudian ia menyuruh 5 orang pemuda untuk ikut dalam pembuatan filmnya.

Memang film ini sempat dianggap kontroversial tapi tetap saja film ini mendapat pengharaan dari Academy Awards dengan nominasi film berbahasa asing terbaik.

Dilwale Dulhania Le Jayenge

Dilwale Dulhania Le Jayenge

Film ini juga menghadirkan dua artis top Bollywood siapa lagi kalau bukan Shah Rukh Khan dan Kajol. Sehingga Dilwale Dulhania Le Jayenge menjadi film India terbaik yang sukses membuat film ini di cintai oleh penggemarnya.

Film karya Aditya Chopra yang dirilis tahun 1995 menjadi salah satu film yang menandai perubahan gaya di industri perfilman di India.

Prestasi film ini juga cukup membuat orang kaget karena mempu menyabet berbagai piala film terbaik dalam ajang FilmFare Awards, juga film ini masuk dalam buku 1001 Movies You Must See Before You Die.

Kabhi Khushi Kabhie Gham

Kabhi Khushi Kabhie Gham

Kabhi Khushi Kabhie Gham merupakan salah satu film India terbaik yang rilis di tahun 2001. Film ini juga dibintangi oleh artis top India seperrti Amithabh Bachchan, Shah Rukh Khan, Kajol, dan Kareena Kapoor yang membuat film ini genap berusia 19 tahun. Bagi kamu penggemar film India pasti sudah familiar dengan film ini karena sering sekali di putar di TV Indonesia.

Film ini mengisahkan tentang konflik keluarga dan juga bumbui dengan kisah percintaan. Rahul (Shahrukh Khan) merupakan seorang anak adopsi dari keluarga kaya Raichand (Amitabh Bachchan).

Ia jatuh cinta dengan Anjali (Kajol), rahul sempat pindah ke London untuk menikahinya. Namun Hrithik Roshan memerankan adik Rahul, ia memiliki kisah tersendiri dengan Pooja (Kareena Kapoor).

Adapun banyak penghargaan yang di sabet film ini sehingga membuat film ini layak menjadi film India terbaik terbaik sepanjang masa.

Sarkar

Sarkar

Ya film Sarkar ini pasti mengingatkanmu dengan film The Godfather. Karena memang ceritanya mirip sekali dengan karakter utama yang kuat.

Film ini bergenre Thriller dengan latar politik yang dibintangi oleh aktor top India Amitabh Bachchan. Sarkar yang dirilis pertama kali tahun 2005 dan di tahun 2018 film ini di remake dengan nama yang sama namun memiliki cerita yang beda.

Film ini sempat menyabet  pernghargaan di Filmfare Awards dengan nominasi Best Supporting Artist.

Abhishek Bachchan di sarkar ini memiliki karakter yang kuat dan mampu mengimbangi akting dari Amitabh Bachchan.

Neerja

Neerja

Film Neerja mengisahkan tentang kisah nyata seorang pramugari cantik yang pemberani, ia mencoba menyelamatkan penumpang pesawat dari aksi teroris.

Neerja Bhanot pada film ini memiliki karakter yang sangat berbeda dari wanita pada umumnya yang mana sangat berani.

Karakter yang kuat di perankan oleh Neerja ini mampu membuat semua orang terpukau dengan kecerdasan sekaligus ketahanan fisik yang sangat tangguh.

Masalah muncul disaat pesawat dari maskapai Pan Am menuju ke kota New York dibajak oleh teroris saat transit di bandara karachi.

Tidak main-main bahwa teroris ini membawa berbagai senjata berat hingga membawa bomb untuk mengancam para penumpangnya.

Zindagi Na Milegi Dobara

Zindagi Na Milegi Dobara

Zindagi Na Milegi Dobara yang dibintangi oleh aktor ganteng Hrithik Roshan ini merupakan salah satu film India terbaik yang rilis pada tahun 2011.

Film yang latar suasana yang menegangkan ini akan membawa kamu ke dunia yang penuh dengan tantangan dan juga adrenalin yang memacu.

Film ini memakan biaya yang sangat mahal karena mengambil lokasi syuting di beberapa negara seperti Spanyol, India, Mesir dan Inggris.

Film ini sempat diperankan oleh aktor dan aktris ternama India lainnya seperti Farhan Akhtar dan Katrina Kaif yang sukses membuat film ini menjadi lebih seru untuk ditonton.

Dangal

Dangal

Film ini mengisahkan tentang biografi olahraga dari keluarga pegulat. Dangal disutradarai oleh Nitesh Tiwari ini juga sempat mendapat sorotan para penggemar film di India.

Sukses bekerja sama dengan Walt Disney sehingga film ini mendapatkan berbagai penghargaan film India terbaik di tahun 2017.

Film ini mengisahkan tentang pegulat amatir Mahavir Singh Phogat yang melatih putrinya Geeta Phogat dan Babita Kumari untuk menjadi pegulat wanita kelas dunia pertama di India.

Bajrangi Bhaijaan

Bajrangi Bhaijaan

Film India terbaik di tahun 2015 ini disutradarai oleh Kabir Khan yang dibintangi oleh artis top India seperti Salman Khan, Harshaali Malhotra, Kareena Kapoor, dan Nawazuddin Siddiqui.

Bercerita tentang seorang pria baik hati bernama Bajrangi Bhaijaan. Ia bertemu dengan seorang gadis kecil bisu asal Pakistan. Gadis kecil itu terpisah dari orang tuanya di India. Sehingga Bajrangi ingin membawa gadis tersebut untuk pulang kekampung halamannya di pakistan.

Namun tidak semudah yang dibayangkan karena ia harus melalui berbagai rintangan yang membuatnya berususan dengan hukum.

***

Itulah beberapa referensi film India terbaik yang cocok buat kamu tonton bersama keluarga dirumah. Selamat menonton.

Leave a Reply